REVIEW JURNAL
DETERMINANTS OF PATIENT SATISFACTION SURVEY IN A GASTROINTESTINAL ENDOSCOPY SERVICE
Oleh:
RUDDY TRI SANTOSO
NIM: T4209012
Program Doktor Ilmu Ekonomi
Universitas Negeri Sebelas Maret
2009
1. Judul:
- Judul agak rancu karena antara judul pokok yaitu ‘ Determinants of Patient Satisfaction’ dengan sub judul yang merupakan sub topik judul dan teknik yang dipergunakan menjadi satu kesatuan.
- Judul lebih tepat apabila dituliskan sebagai berikut: ‘Determinants of Patient Satisfaction; survey in a Gastrointestinal Endoscopy Service’.
2. Pendahuluan:
- Perlu dipaparkan perkembangan konsep dan teori tentang kepuasan konsumen.
- Perlu dipaparkan studi-studi terdahulu untuk mendukung tujuan penelitian.
- Tidak terdapat obyek penelitian yang tepat dimana dilakukannya penelitian untuk membandingkan budaya konsumen dengan persoalan yang dibahas.
3. Permasalahan:
- Tidak menyatakan adanya kesenjangan/ gap dalam penelitian yang perlu dipecahkan masalahnya dengan fakta maupun data/ informasi yang diperoleh sehingga dapat untuk merumuskan metode secara tepat.
4. Landasan Teori:
- Tidak ada teori yang dapat dijadikan dasar/ landasan teori untuk melakukan penelitian.
- Hanya mengemukakan kuesioner untuk alat mengumpulkan data dalam penelitian.
- Membutuhkan kerangka berpikir yang lebih tegas untuk menelusur variabel dan pola hubungannya.
5. Metode Penelitian:
- Tidak mengungkapkan populasi dan teknik sampling yang dipergunakan dalam survai.
- Tidak menjelaskan alat analisis yang dipergunakan termasuk uji asumsi klasik regresinya.
6. Pembahasan
- Selalu terjadi pengulangan kalimat yang dipergunakan dalam tujuan penelitian dan penggunaan instrument kuesioner.
- Interpretasi hasil penelitian berdasarkan analisis regresi logistik tidak dijelaskan.
7. Simpulan
- Terjadi overlapping dalam pembahasan dan kesimpulan sehingga terjadi keraguan dalam menyimpulkan penelitian ini.
8. Implikasi Studi
- Perlu dilakukan survai dengan populasi yang lebih jelas dan sampel yang tegas agar hasil penelitian tidak bias dan uji kuesioner benar-benar dipahami oleh pesertanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar