Senin, 15 Februari 2010

REVIEW JURNAL

DETERMINANTS OF PATIENT SATISFACTION SURVEY IN A GASTROINTESTINAL ENDOSCOPY SERVICE


Oleh:

RUDDY TRI SANTOSO

NIM: T4209012

Program Doktor Ilmu Ekonomi

Universitas Negeri Sebelas Maret

Surakarta

2009


1. Judul:

- Judul agak rancu karena antara judul pokok yaitu ‘ Determinants of Patient Satisfaction’ dengan sub judul yang merupakan sub topik judul dan teknik yang dipergunakan menjadi satu kesatuan.

- Judul lebih tepat apabila dituliskan sebagai berikut: ‘Determinants of Patient Satisfaction; survey in a Gastrointestinal Endoscopy Service’.

2. Pendahuluan:

- Perlu dipaparkan perkembangan konsep dan teori tentang kepuasan konsumen.

- Perlu dipaparkan studi-studi terdahulu untuk mendukung tujuan penelitian.

- Tidak terdapat obyek penelitian yang tepat dimana dilakukannya penelitian untuk membandingkan budaya konsumen dengan persoalan yang dibahas.

3. Permasalahan:

- Tidak menyatakan adanya kesenjangan/ gap dalam penelitian yang perlu dipecahkan masalahnya dengan fakta maupun data/ informasi yang diperoleh sehingga dapat untuk merumuskan metode secara tepat.

4. Landasan Teori:

- Tidak ada teori yang dapat dijadikan dasar/ landasan teori untuk melakukan penelitian.

- Hanya mengemukakan kuesioner untuk alat mengumpulkan data dalam penelitian.

- Membutuhkan kerangka berpikir yang lebih tegas untuk menelusur variabel dan pola hubungannya.

5. Metode Penelitian:

- Tidak mengungkapkan populasi dan teknik sampling yang dipergunakan dalam survai.

- Tidak menjelaskan alat analisis yang dipergunakan termasuk uji asumsi klasik regresinya.

6. Pembahasan

- Selalu terjadi pengulangan kalimat yang dipergunakan dalam tujuan penelitian dan penggunaan instrument kuesioner.

- Interpretasi hasil penelitian berdasarkan analisis regresi logistik tidak dijelaskan.

7. Simpulan

- Terjadi overlapping dalam pembahasan dan kesimpulan sehingga terjadi keraguan dalam menyimpulkan penelitian ini.

8. Implikasi Studi

- Perlu dilakukan survai dengan populasi yang lebih jelas dan sampel yang tegas agar hasil penelitian tidak bias dan uji kuesioner benar-benar dipahami oleh pesertanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar